Tidak terasa saat ini kita sudah memasuki bulan ketiga di tahun 2018, bulan Puasa Ramadhan dan Hari Raya pun juga tidak akan lama lagi. Setelah beberapa tahun kami sekeluarga tidak sempat untuk mudik ke kampung halaman suami, maka pada tahun ini kami sekeluarga berencana untuk mudik.
Yaps Mudik atau pulang kampung sudah menjadi tradisi turun-temurun yang dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia tiap menjelang lebaran. Setiap tahunnya hampir jutaan oraang berbondong-bondong melakukan aktivitas mudik ke kampung halaman demi berkumpul bersama keluarga yang telah lama tidak ditemui.
Begitu pun dengan saya dan suami yang telah merencanakan akan pulang ke kampung halaman pada saat mudik lebaran tahun 2018 ini. Agar rencana mudik ini dapat terealisasi dengan lancar hingga hari H tentunya saya harus mempersiapkan semua kebutuhan baik itu kebutuhan finansial ataupun non-finansial. 
Nah untuk kalian yang juga sudah merencanakan untuk mudik saat lebaran, saya memiliki sedikit tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk membantu teman-teman dalam merealisasikan rencana mudiknya. 
#1 RENCANAKAN PENGELUARAN
Pada saat kita telah merencanakan akan mudik lebaran, hal yang pertama harus dilakukan adalah merencanakan pengeluaran selama mudik. Momen berkumpul bersama keluarga tentu akan banyak dimanfaatkan untuk jalan-jalan dan berekreasi bersama keluarga ke berbagai tempat, hal ini pasti akan membutuhkan banyak biaya.
Dengan adanya rencana pengeluaran, anda bisa mengetahui perkiraan dana yang anda butuhkan selama mudik lebaran dapat disesuaikan dengan budget yang anda siapkan. Sehingga jika terdapat kekurangan dana bisa anda persiapan, untuk hal seperti ini mengajukan pinjaman tanpa angunan dari Tunaiku bisa kamu manfaatkan.

#2 PESAN TIKET DARI JAUH-JAUH HARI
Memesan tiket dari jauh-jauh hari merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi biaya, apabila memesan tiket dari jauh hari kamu akan mendapatkan harga tiket yang lebih murah. Biasanya pada hari-hari tertentu akan banyak promo-promo tiket murah, jadi kamu harus rajin-rajin ya untuk berburu tiket promo :). Ada baiknya kamu membeli tiket tersebut minimal tiga bulan sebelumnya untuk menghindari lonjakan harga menjelang Lebaran.
#3 MANFAATKAN BERBAGAI TAWARAN DISKON DAN PROMO
Jika menjelang lebaran biasanya berbagai ritel berlomba-lomba menawarkan diskon dan promo, manfaatkan diskon dan promo tersebut untuk memenuhi beragam kebutuhan berlebaran dan mudik, misalnya membeli pakaian, tiket , oleh-oleh lebaran dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan diskon dan promo ini kamu  bisa menekan anggaran biaya dan bisa menyimpan dana tersebut untuk tambahan biaya selama mudik.
#4 KOMITMEN DAN DISIPLIN
Setelah merencanakan anggaran biaya pengeluaran untuk lebaran dan mudik lebaran, hal terpenting yang perlu kamu lakukan adalah disiplin dan berkomitmen dengan rencana anggaran yang telah kamu buat tersebut. Saat berbelanja, jangan tergoda untuk menggunakan dana tersebut untuk membeli sesuatu di luar dari daftar anggaran.
Nah itulah sedikit tips dari saya agar kamu bisa merealisasikan mudik tahun 2018 ini.