Mbak, baru pertama kali ya datang ke Palembang ? Tanya bapak supir grab yang mobilnya aku naiki saat dari bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju ke Hotel tempat aku akan menginap. 
Bapak ini mengira kalau saya ke Palembang untuk melihat pertandingan Olahraga Asian Games yang juga berlangsung di Kota Palembang. Iya pak sambil lihat Asian Games juga, tapi tujuan utamanya sih mau liat Festival Sriwijaya jawab ku sambil melihat lintasan rel kereta api yang baru saja diresmikan.
Palembang, ini kali keduanya aku menginjakan kaki ku di Kota yang terkenal dengan Pempek dan juga Jembatan Ampera-nya. Siapa pun pasti bakal tau kalo ditanya makanan khas Palembang itu apa.
Padahal nih ya, banyak banget yang bisa di jadikan icon wisata Kota Palembang, banyak sekali tempat-tempat wisata yang bisa kalian kunjungi selama berada di Palembang. Apalagi nih selama Festival Sriwijaya pemerintah setempat sebagai penyelenggara festival juga menawarkan paket wisata, misalnya tur kota dan wisata belanja.
Pelaksanaan Festival Sriwijaya tahun 2018 ini sangat pas banget untuk dijadikan momentum oleh pemerintah setempat untuk mempromosikan Kuliner Khas Palembang lainnya, tempat wisata-wisata sejarah, Wisata Religi lainnya yang ada di Palembang. 
Palembang memiliki sejumlah destinasi yang menarik untuk dikunjungi, seperti Benteng Kuto Besak yang menjadi lokasi Festival Sriwijaya, Jembatan Ampera dan Sungai Musi, Bukit Siguntang, Pulau Kemaro, Taman Hutan Wisata Punti Kayu, Kampung Kapitan, Masjid Cheng Hoo, dan sebagainya
Festival Sriwijaya merupakan sebuah event tahunan yang di selenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, Festival yang diikuti 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan ini, bercerita tentang kebudayaan, pariwisata dan pesta rakyat.
Kenapa dinamakan dengan Festival Sriwijaya, hal ini berdasarkan sejarah bahwa dahulu ada Kerajaan Sriwijaya di Palembang, yang pernah membuat kota Palembang menjadi terkenal dan berjaya. Kerajaan Sriwijaya adalah penguasa tertinggi di atas laut Sumatra termasuk Selat Malaka yang strategis, pernah besar, jaya dan berkuasa lebih dari tiga abad, dari abad 9 sampai 11. Hal itulah yang melatarbelangi Festival ini dinamakan Festival Sriwijaya.
Festival ini bertujuan untuk mempromosikan wisata di 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan, festival juga bertujuan melestarikan nilai-nilai budaya serta meningkatkan citra Sumatera Selatan sebagai daerah tujuan wisata guna meningkatkan pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Tujuan lain yang tak kalah penting adalah menampilkan puncak kreativitas daerah yang merefleksikan orisinalitas, kemandirian dan kearifan lokal 
Festival yang berlangsung dari tanggal 22 Agustus 2018 hingga 27 Agustus 2018 lalu ini, dilaksanakan di Benteng Kuto Besak, Palembang. 
Acaranya meriah banget loh, banyak atraksi-atraksi menarik yang disuguhkan selama Festival ini diantara lainnya adalah kegiatan dari pertunjukan seni tari, drama musikal, pentas lagu daerah sampai pesta kuliner tradisional khas dari daerah-daerah yang ada di Sumatera Selatan. Tak hanya itu, sejumlah panggung lainnya disediakan untuk pertunjukan musik etnis, parade musik jalanan, dan lain-lain. 
Di samping pentas-pentas tersebut, ada juga lomba dan pameran seni, diskusi dan lokakarya yang membincangkan budaya Sumatera Selatan. Gak nyesel deh pokoknya dateng kesini, Nah kalian yang punya agenda untuk liburan ke Palembang, jangan sampe melewatkan tempat-tempat wisata yang instagramable dan juga penuh dengan cerita-cerita sejarah yang sangat unik dan menarik untuk diketahui